Deskripsi

Dinamika lingkungan industri serta persaingan yang semakin ketat telah mengubah sistem manajemen logistik  ( Logistic Management ) yang selama ini dikenal. Supply chain management didefinisikan sebagai rangkaian aktivitas sejak dilakukan pembelian material, proses transformasi material menjadi bahan setengah jadi dan produk jadi serta mendistribusikannya melalui sistem distribusi yang ada. Jadi, supply chain mengatur aktivitas sejak di supply cycle, response cycle sampai ke delivery cycle.

Perkembangan teknologi informasi telah banyak menyumbang tumbuhnya sistem supply chain management. Saat ini semua fungsi manajemen logistik   ( Logistic Management ) telah dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas internet dan intranet. Penggunaan Web  dalam supply chain telah menjadi trend di perusahaan industri manufaktur dan industri jasa terkemuka akhir-akhir ini.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian mendalam tentang supply chain management dan dukungan teknologi informasi dalam operasinya. Workshop diberikan dengan case method disertai dengan peragaan penggunaan web untuk aktivitas supply chain management.

Tujuan

  • Peserta pelatihan mampu memahami konsep dasar, ruang lingkup & permasalahan supply chain management (SCM) & perannya dalam kelancaraan operasional baik untuk produksi maupun distribusi.
  • Peserta pelatihan memperoleh ketrampilan dalam mengaplikasikan metoda SCM
  • Peserta pelatihan memperoleh kemampuan mengidentifikasi masalah & mencari solusi dengan menggunakan metoda dasar/standar untuk perencanaan & pengendalian SCM.

 

Target Peserta        

Logistic /supply chain Manager, Purchasing manager, Warehousing manager, Distribution Manager, Logistic Planner, Production manager, Production Planner, Marketing Manager dan semua posisi yang erat kaitannya dengan manajemen logistik ( Logistic Management ) serta siapa saja yang ingin mengetahui perkembangan terakhir Logistic and Supply Chain Management.

 

Silabus :

1. Redefinisi, evolusi dan peran logistic dalam dunia usaha.

  • Paradigma baru manajemen logistik  ( LogisticManagement )
  •  Manajemen logistik  ( LogisticManagement )sebagai sebuah sistem.
  •  Redefinisi sistem manajemen logistik ( Logistic Management ).
  •  Evolusi sistem  manajemen logistik  ( Logistic Management ) dan supply chain management.
  •  Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap sistem manajemen logistik ( LogisticManagement )

2. Mengukur performansi sistem manajemen logistik  ( Logistic Management )

  •  Ukuran performansi sistem manajemen logistik ( Logistic Management )
  •  Produktivitas sistem manajemen logistik. ( Logistic Management )
  •  Kualitas sistem manajemen logistik ( Logistic Management )

3. Perencanaan dan manajemen persediaan.

  •  Dasar manajemen persediaan.
  •  Mengukur performansi sistem persediaan.
  •  Prakiraan kebutuhan barang.
  •  Order quantity engineering.
  •  Inventory control policy and replenishment design.
  •  Disain sistem dan manajemen persediaan.

4. Supply management.

  •  Perkembangan terakhir konsep supply management.
  •  Mengukur performansi supply management.
  •  Vendor Selection Technique.
  •  Negotiation Techcnique
  •  Supplier integration and relationship management.
  •  Teknologi informasi dan aplikasi sistem internet dalam supply management.

5. Manajemen transportasi dan distribusi

  •  Model sistem transportasi dan distribusi.
  •  Rincian aktivitas sistem transportasi.
  •  Mengukur produktivitas sistem transportasi.
  •  Logistics network design.
  •  Shipment planning and management.
  •  Fleet, container and yard management.
  •  Freight and document management.

6. Manajemen Pergudangan

  •  Fungsi fungsi dalam manajemen pergudangan.
  •  Profil aktivitas manajemen pergudangan.
  •  Mengukur performansi manajemen pergudangan.
  •  Prinsip prinsip penerimaan barang.
  •  Operasi penyimpanan barang.
  •  Order picking operations.
  •  Shipping principles.

7. Disain organisasi logistic.

  •  Manajemen organisasi supply chain.
  •  Logistics strategic planning and project management.
  •  Logistics process and activity management.

8. Logistics and supply chain information system.

  •  Arsitektur sistem informasi manajemen logistik  ( LogisticManagement ) dan supply chain.
  •  Logistic data warehousing and decision support system.
  •  Manajemen logistik  ( LogisticManagement ) berbasis Web
  •  Paperless and wireless logistic system.

9. Studi kasus.

  •  Material Requirement Planning (MRP) and Supply Chain at Alenia Aircraft.
  •  Jaguar-Nippondenso Relation.
  •  Pengembangan Web-based Logistic Planning System and e-Procurement di sebuah BUMN terkemuka.
  •  Vendor Selection di sebuah perusahaan terkemuka di dunia.

10. Inventory Control Techniques

  •  Klasifikasi persediaan.
  •  Biaya persediaan.
  •  Sistem pengendalian persediaan.
  •  Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk Independent – material
  •  Fixed order period inventory system
  •  Latihan  perhitungan optimasi persediaan .

11. Inventarisasi dan auditing persediaan

  •  Manfaat inventarisasi persediaan.
  •  Teknik inventarisasi persediaan.
  •  Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.
  •  Laporan Hasil inventarisasi.

12. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan

  •  Perbedaan data dan informasi pergudangan.
  •  Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.
  •  Pembentukan Master File Kodifikasi Barang.
  •  Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.
  •  Penentuan Kode Lokasi Barang.
  •  Teknik Pencatatan Transaksi Barang

Durasi Training

Pelatiahan berlangsung selama 3 hari

 

Investasi : Rp. 3.750.000,-/peserta, termasuk :

Sertifikat, Short Course Kit, and Software Kit (USB)

Makan Siang dan Snack

Pembayaran

Tunai saat Training berlangsung, atau

Transfer ke :

A/C: CommTech

Nomor Rekening : 130-00-0424500-0

Bank Mandiri – Cabang Bandung Metro

 

  Daftar  

contack commtech